Minggu, 07 Maret 2010

JADWAL

DAFTAR KEGIATAN UMROH




HARI KE-1

Jakarta – Jeddah – Madinah

Dua jam sebelum keberangkatan diharapkan sudah berkumpul di Bandara International Soekarno-Hatta pintu 3 EF, memulai perjalanan ke Jeddah.

Tiba di Jeddah, melanjutkan perjalanan ke Madinah.

Tiba di Madinah, check-in hotel untuk istirahat.




HARI KE-2

Madinah

Setelah Sholat Subuh dan sarapan, jamaah akan memulai berziarah ke Makam Rasulullah dan Raudhah, yang berada di lokasi Masjid Nabawi Madinah. Berziarah di Masjid Nabawi tidak lengkap bila tidak mengunjungi salah satu bagian masjid, yaitu Raudhah. Bagi mereka yang berdoa di Raudhah maka Allah SWT akan mendengarkan doa itu dan mengabulkannya.

Memperbanyak ibadah.




HARI KE-3

Madinah – Mekkah

Setelah Sholat Subuh dan sarapan, jamaah akan melaksanakan ziarah ke Masjid Quba, yaitu masjid pertama yang dibangun Rasulullah. Dilanjutkan ke Masjid Qiblatain (masjid dua kiblat), di masjid ini pertama kalinya Nabi Muhammad SAW menerima wahyu Allah untuk merubah arah kiblat dari Masjidil Aqso di Palestina ke Masjidil Haram di Mekkah. Sab’ah dan juga ke Jabal Uhud, lembah gunung tempat terjadinya perang Uhud, yakni peperangan antara ummat islam dengan kaum kafir quraisy. Diakhir ziarah akan dibawa ke Pasar Kurma, melihat atau membeli kurma untuk dibawa pulang.

Melanjutkan perjalanan ke Mekkah, sebelumnya berhenti sejenak di Adbyar Ali (Bir Ali) yang merupakan tempat untuk mengambil MIQAT (berniat umroh dan mulai berpakaian ikhram), sebelum melanjutkan perjalanan ke Mekkah.

Tiba di Mekkah, check-in hotel untuk beristirahat sejenak, dilanjutkan melakukan ibadah umroh pertama.




HARI KE-4

Mekkah
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.




HARI KE-5

Mekkah


Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.




HARI KE-6


Mekkah


Setelah Sholat Subuh dan sarapan pagi, berziarah ke Padang Arafah, Jabal Rahmah (sebuah tugu peringatan untuk mengenang tempat bertemunya nenek moyang manusia yakni Nabi Adam dan Siti Hawa), dilanjutkan ke Mina, Muzdalifah. Rute perjalanan ini akan melewati Jabal Nur dimana terdapat Gua Hira, tempat Nabi Muhammad SAW pertama kalinya menerima wahyu Allah SWT, dan tempat bersejarah lain yakni Jabal Tsur, tempat Nabi Muhammad bersama Abubakar Assyidiq berlindung dari kejaran kaum kafir saat perjalanan hijrah ke Madinah. Tempat terakhir yang dikunjungi adalah Masjid Ji’ronah, saat jamaah mengambil miqat dan menjatuhkan niat untuk mengerjakan umroh kedua.




HARI KE-7

Mekkah – Jeddah


Melaksanakan Thawaf wada’ dan Sholat Dzuhur (Sholat Jum’at) di Masjidil Haram.

Berangkat ke Jeddah, setibanya melakukan city tour mengunjungi Laut Merah, Masjid Terapung dan shopping centre balad dan Corniche.




HARI KE-8

Jeddah – Jakarta


Setelah sarapan, acara bebas.

Berangkat ke airport untuk bertolak ke Jakarta.




HARI KE-9

Jakarta


Insya Allah tiba di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar